.beranda

.

Jumat, 24 Februari 2012

saya  shere juga bahan besinya......

Baja Karbon (Carbon Steel)

Sebetulnya baja adalah besi yang mempunyai kandungan karbon, jadi sebetulnya cukup disebut baja saja, dan yang tidak mengandung karbon, adalah besi biasa (iron).

Sebagai bahan pisau lipat, sebenarnya Baja Karbon jarang digunakan, karena pisau lipat sering diletakkan dikantong sehingga gampang berkarat karena terkena uap keringat.

Baja seperti ini biasanya digunakan pada pisau lipat generasi awal ketika Baja anti karat belum umum/belum ditemukan.

 Baja Anti Karat (Stainless Steel)

Untuk sebagian Eropa menyebut Inox steel. Baja jenis ini paling umum digunakan pada pisau lipat. Seperti halnya Baja Karbon. Baja antikarat juga sebenarnya mengandung karbon. Dimulai dari kandungan karbon berkadar 0.15% sampai yang 3%. Makin tinggi kandungan Karbon, makin baik juga ketahanan ketajamannya (edge holding), akan tetapi makin sulit diasahnya. Untuk menjadi antikarat, baja harus mengandung chromium minimal sebanyak antara 10.5% - 11% (min 13% untuk kalangan tertentu).

 Damascus dari Baja Karbon

Baja Damascus sebetulnya mengacu terhadap struktur baja yang digunakan pedang-pedang arab pada jaman perang salib (asal dari sebutan Damascus). Ciri-cirinya adalah mempunyai alur urat-urat yang menyerupai aliran air/atau urat pada kayu. Pada dasarnya Baja jenis ini adalah hasil gabungan beberapa lembar baja dengan kandungan karbon yang berbeda-beda yang ditempa menjadi satu (makin tinggi kandungan karbon, cenderung makin gelap warnanya) sehingga menghasilkan urat-urat damascus. Baja jenis ini mempunyai konstruksi yang mirip dengan baja keris Indonesia.

 Damascus dari Baja Anti Karat

Baja jenis pada dasarnya mirip dengan Damascus dari baja karbon. Perbedaan yang pasti adalah Baja Jenis ini dibuat dari beberapa lembar baja anti karat yang mempunyai kandungan karbon berbeda. Secara kasat mata bisa dibedakan dari Damascus Baja Karbon karena warnanya yang cenderung lebih terang (karena kandungan Chromium).

 Keramik

Bahan ini bukan Baja, dan tidak mengandung besi sedikitpun. Biasanya bahan keramik yang digunakan sebagai pisau adalah Zirconium Oxide (ZrO2), kadang-kadang juga disebut Zirconia. Kekerasan bahan ini sangat tinggi hingga mencapai angka 8.5 di skala Mochs berbanding dengan baja yang hanya mencapai sekitar 6 sampai 6.5 di skala Mochs. Karena kekerasannya, pisau jenis ini sangat jarang perlu untuk diasah, dan untuk mengasahnya diperlukan asahan yang mengandung serbuk intan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar