.beranda

.

Jumat, 24 Februari 2012


Bahan-bahan Materi Handle/Scales Pisau Lipat - Alam, dan Composite

Materi dari Alam

Kayu

Bahan kayu sangat banyak, jadi, saya hanya membatasi pada kayu yang umum dijadikan handle.
Maple : Maple adalah jenis pohon yang biasa hidup di daerah dingin di benua Asia, Eropa, dan Amerika. Kayu ini mempunyai beberapa variasi motif yaitu Motif normal, Fiddleback,CurlyBird's Eye, Quilted, Burr/Burl, dan Spalted.

Dessert Ironwood : Pohon ini berasal dari padang pasir di daerah-daerah berikut California, Meksiko utara, Baja, Colorado, Arizona. Mempunyai motif serat dengan kombinasi warna coklat, dan kuning keemasan.

 Macassar Ebony: Pohon kayu keras yang berasal dari daerah asia tenggara, dan sumber terbaik adalah pulau sulawesi. Mempunyai warna hitam dengan serat serat berwarna coklat sampai kuning keemasan. Di sebut sebagai kayu hitam oleh penduduk setempat.

 Ebony : Pohon kayu keras yang berasal dari Benua Afrika, India, dan Srilanka. Mempunyai warna hitam tanpa motif.


  • Teak : Disebut juga pohon jati. Jenis pohon yang berasal dari daerah asia tenggara (India, Indonesia, Malaysia, Myanmar) akan tetapi akhir-akhir ini banyak juga ditanam di Benua Afrika. Mempunyai warna kombinasi coklat tua, coklat muda kuning keemasan, dan kadang warna putih susu.
    * Belum ada contoh Pisaunya.
  • Limus Piit : Pohon ini sebetulnya pohon jenis mangga yang sangat bergetah disebut Mangga Bacang. Kayunya mempunyai corak bercak-bercak yang unik kombinasi warna coklat tua dan coklat muda.
    * Belum ada contoh Pisaunya.
  • Snakewood : Ada beberapa jenis pohon yang bermotif seperti ini, cuma yang terkena adalah jenis Pohon Brosimum guianense yang berasal dari Amerika Selatan. Kayu pohon ini mempunyai kombinasi warna coklat gelap, dan Coklat terang dengan motif belang-belang seperti sisik Ular.
  •  Walnut : Kayu yang berasal dari daerah sejuk di utara, dan selatan katulistiwa. Mempunyai warna coklat tua atau coklat muda.
  •  Pakkawood : Materi ini adalah kayu lapis (lembaran kayu ditumpuk berlapis-lapis, dan disatukan dengan lem). Biasanya bahan kayu bukan berasal dari kayu mahal. Materi ini sering diberi warna untuk menambah keindahannya
 Binatang

  • Tanduk Rusa Jantan (Sambar Stag). Materi ini yang terkenal adalah yang berasal dari asia tenggara, Cuma sebetulnya tanduk dari rusa jantan manapun bisa digunakan.
  • Tanduk Banteng. Materi yang sering digunakan biasanya dari tanduk banteng biasa (water buffalo).
  • Tanduk Domba. Materi tanduk Domba, atau kambing biasa.
  • Gading Gajah. Bisa gajah Afrika, atau Sumatra.
  • Taring. Taring Singa laut, Harimau, Singa, dan lain-lain.
  •  Tulang. Bisa tulang binatang apa saja. Yang umum digunakan adalah Tulang Sapi, Tulang Unta, Tulang Jerapah.
  • Fosil Tulang. Fosil tulang binatang pra-sejarah. Materi ini sangat rentan pecah. Biasanya distabilkan terlebih dahulu.
  • Fosil Gading. Fosil Gading Mammoth (Nenek moyang Gajah yang hidup pada jaman Es)
  • Oosic. Jenis fosil tulang/gading yang berasal dari daerah sekitar kutub, biasanya mempunyai warna-warna tertentu yang diakibatkan unsur mineral setempat.
  •  Kulit Kerang/Abalone. Kulit Kerang mutiara, atau cangkang Abalone.
 * Untuk menjaga keawetan materi-materi dari alam ini, sebaiknya sebelum digunakan mereka distabilkan (stabilized) terlebih dahulu. Cara yang umum adalah dengan merendam didalam cairan resin sambil divakum (dimasukkan kedalam ruangan kedap udara, kemudian udara didalam disedot keluar) selama beberapa saat agar unsur resin menyerap kedalam pori-porinya, setelah selasai, materi ini kemudian dikeringkan.
 Materi Komposit
Materi Komposit : Materi komposit adalah sebuah materi yang terdiri dari beberapa materi lain yang digabung menjadi satu.Carbon Fiber (serat karbon) : Jalinan serat karbon berbentuk lembaran kain yang tumpuk-tumpuk kemudian di gabung menjadi satu dengan cairan resin (plastik cair sejenis lem cyanoacrylate/super glue). Materi ini kuat dan relatif ringan. Biasanya yang digunakan adalah yang sudah berbentuk lempengan.
 Glass Fiber/G10 (serat kaca) : Jalinan serat kaca berbentuk lembaran kain yang tumpuk-tumpuk kemudian di gabung menjadi satu dengan cairan resin seperti halnya dengan Carbon Fiber. Lebih berat, dan kalah kuat dibanding Carbon Fibre. Seperti halnya Carbon Fibre, biasanya yang digunakan adalah yang sudah berbentuk lempengan.
 Micarta : Bahan micarta pada umumnya ada tiga jenis. Yang pertama paper micarta, kedua Linen Micarta, dan terakhir Canvas Micarta. Sama halnya dengan carbon fiber, lembaran materi (Kertas, Kain Linen, atau Kain Kanvas) ditumpuk-tumpuk dan digambung menjadi satu dengan cairan resin.
 FRN (Fiber Reinforced Nylon) : Materi ini adalah materi dari nylon seperti juga zytel, hanya saja disini bahan nylon dikombinasikan dengan serat kaca, serat karbon, atau serat aramid. Secara fisik, kelihatan seperti nylon biasa, akan tetapi mempunyai kekuatan yang lebih baik.


Bahan-bahan Materi Handle/Scales Pisau Lipat - Metal, dan Materi Lain

Materi MetalStainless Steel: biasanya yang digunakan adalah material stainless yang lebih murah dibanding material pisau, kadang-kadang karena kandungan karbonnya sangat rendah, sehingga tidak bisa disebut stainless steel.
 Aluminium: Bahan yang ringan dan gampang kikis untuk pembentukannya, bahan ini tidak terlalu keras.
 Titanium : Bahan metal yang terkenal keras, tahan panas, dan ringan. Biasanya berwarna perak abu-abu kekuning-kuningan, kadang berwarna coklat muda.
 Materi LainKaret : Biasanya yang digunakan adalah Karet dalam bentuk padat/keras, dan biasanya dikombinasikan dengan material lain
 Zytel :Salah satu jenis plastik yang lebih dikenal umum dengan nama Nylon.

1 komentar:

  1. saya kesulitan mencari pembali kayu limus tlg kalau ada yang berminat 081238288448. bercorak indah

    BalasHapus