.beranda

.

Jumat, 24 Februari 2012

Pisau Lipat (Folding Knives)

Pisau lipat adalah juga pisau yang mempunyai minimal satu pisau yang bisa dilipat kedalam handle sehingga bisa dimasukkan kedalam kantong. Karena gampang dibawa-bawa didalam kantong, Pisau lipat sering disebut Pocket knife juga. Bilah pisaunya berukuran mulai dari 1cm sampai 30cm, walau secara umum. berukuran antara 5cm sampai 15cm.

Pisau lipat adalah sebuah alat serbaguna yang digunakan mulai dari membuka amplop, memotong tali-temali, memotong buah-buahan, bahkan kadang juga digunakan sebagai alat beladiri.

Sejarah Pisau lipat

 Sejarah Pisau lipat mulai pada awal-awal jaman besi (Iron Age). Sebuah Pisau lipat dengan handle dari tulang pernah ditemukan di Hallstatt. Pisau lipat ini diperkirakan dibuat pada sekitar 600-500 BC. Pisau semacam ini sangatlah jarang sampai datangnya jaman moderen. Salah satu alasan yang paling masuk akal adalah sebagai berikut:

Pada awalnya pisau (fix-blade) dibawa-bawa dengan cara digantungkan di ikat pinggang, atau kadang-kadang dimasukkan kedalam kantong yang menggantung di ikat pinggang.

Kemudian keadaan berubah. Larangan, membawa pisau (fixed-blade) kemana-mana mulai dikeluarkan, Akibat dari keadaan ini, akhirnya orang mulailah membawa pisau lipat sebagai ganti-nya, dan sejak itu pulalah pisau lipat menjadi populer.


Beberapa Jenis Pisau lipat menurut Mekanisme/Pengunciannya:

Terbagi Dalam 2 Kelompok Besar, dan 1 kelompok kecil tambahan yaitu:

I. Pisau Lipat tanpa Mekanisme Penguncian (Non Locking System)

* Jenis Friction Folder

Jenis ini adalah merupakan jenis pisau lipat dengan teknologi paling awal, dan Design-nya sangat simple.

 * Jenis Balisong

Pisau jenis lipat ini ini merupakan pisau tradisional Philipine. Menurut pendapat lain, pisau ini asalnya dari Eropa, dan di adaptasikan di Phiilipine sebagai senjata tradisionil. Pisau ini mempunyai dua bagian handle yang memiliki poros. Handle ini selain berfungsi sebagai pegangan pisau, sekaligus penutup bilah pisau.


* Jenis Slipjoint

Jenis ini adalah merupakan salah satu design pisau lipat awal, merupakan pengembangan dari system Friction folder, dan jenis yang paling populer. Sebagian besar pisau lipat ringan menggunakan design ini.

Dengan system slipjoint ini, bilah pisau tidak terkunci akan tetapi sedikit tertahan oleh mekanisme per yang menggantikan tuas penahan pisau di Friction folder. Umumnya slipjoint hanya mempunyai 1 bilah pisau yang cukup besar, dan bila terlipat akan tersembunyi didalam bagian handle.

 II. Pisau Lipat dengan Mekanisme Penguncian (Locking System)

* Jenis Ferrule/Ring Lock

Pisau dengan Ferrule lock ini mempunyai mekanisme penguncian bilah pisau yang gunanya menghindari pisau tertutup tanpa sengaja ketika digunakan bekerja. Cara menguncinya adalah dengan memutar cincin di belakang bilah pisau setelah pisau dibuka. Untuk menutup pun kunci ini harus diputar berlawanan arah agar bilah pisau bisa dilipat.

 * Jenis Lockback

Merupakan pengembangan dari slipjoint. Pisau jenis ini mempunyai ciri-ciri tuas/bilah pengunci di sepanjang punggung handle. Diujung sebelah bilah pisau, tuas/bilah pengunci ini mempunyai kepala pengait yang mengunci Bilah pisau ketika terbuka/terhunus, dan bilah pisau hanya bisa di lipat/ditutup bila tombol pelepas kunci di punggung Handle ditekan. Ketika di tekan, tombol ini, maka kepala pengait bilah pisau akan terangkat, sehingga bilah pisau bisa dilipat.


* Jenis Linerlock/Framelock

Dalam system penguncian Liner lock/Framelock ini, sebagian dari liner atau frame dari pisau, akan berfungsi sebagai tuas kunci, dan menekan kedalam menahan/mengunci bagian belakang bilah pisau ketika bilah pisau di buka. Agar dapat ditutup kembali, Tuas pengunci ini (liner atau frame pengunci ini) harus ditekan untuk melepaskan system penguncian agar bilah pisau bisa dilipat.


* Jenis Axis lock.

Dalam system penguncian Axis lock ini, akan terlihat dua tombol di sebelah kiri dan kanan pisau yang saling menyatu. Kedua tombol ini berada di posisi dekat pangkal pisau. Akan berada di posisi mengarah ke depan bila pisau terhunus, ataupun terlipat. ketika dalam posisi terhunus, pisau akan terkunci oleh tombol pengunci ini. Agar pisau dapat dilipat, tombol ini harus digeser kearah belakang untuk melepas system penguncian.

 III. Pisau Lipat dengan Sistim Pembuka Otomatis (Switchblade)

Sengaja Saya pisahkan Switchblade dari kedua kelompok sebelumnya karena mempunyai system/mekanisme yang berbeda
Jenis Stiletto
Aslinya stiletto itu nama jenis pisau dagger yang ramping dan panjang

Nama yang sama juga diberikan ke jenis switchblade yang dijelaskan berikut ini.
  • Jenis Pisau lipat jenis ini cara kerjanya mirip dengan Pisau lipat biasa yaitu terlipat ke arah samping pisau sampai masuk ke handle, cuma dalam mekanisme-nya pisau mempunyai per yang mendorong pisau untuk terbuka ketika tombol ditekan.
  • Jenis Leverletto
    Cara kerja pisau jenis ini mirip dengan Stiletto diatas. Hanya saja mekanisme tombol pelepas Pisau berbentuk tuas(lever).
  • Jenis Out The Front (OTF)
    Menggunakan mekanisme per juga, cuma cara kerja pisau ini lain dari kedua jenis switchblade diatas. Perbedaan mendasar, adalah bilah pisau keluar, dan masuk dari mulut pisau didepan handle. Bila tombol di handel didorong kedepan, bilah pisau akan keluar dari handle, dan bila tombol ditarik kebelakang, bilah pisau akan masuk kedalam handle.

2 komentar:

  1. Mantap, tulisannya. Bermanfaat buat saya pribadi..

    BalasHapus
  2. Mantap, tulisannya. Bermanfaat buat saya pribadi..

    BalasHapus