.beranda

.

Rabu, 29 Februari 2012

mengasah pisau

 wehhhh .... ini pekerjaan yang mem bosankan bagi yang tidak suka pisau tapi  bagi yang suka pisau ini lah kunci kemampuan pisau /kalau di senapan dikalibrasi......he...he.........
bedanya pisau bahan yang bagus dengan bahan yang biasa  terletak pada daya tahan ketajamannya.
setiap pisau harus diasah dari waktu ke waktu. Tetapi jika kita tidak mengetahui cara
mengasah yang tepat bisa jadi pisau tersebut  tidak  bertambah  tajam  malah sebaliknya.
Cara Umum
  yang di gunakan orang  yang diajarkan cocok untuk pisau dapur kerena cepat pengerjaannya
-Mencari batu asah tidak sulit, dapat kita beli di setiap toko bangunan dengan harga murah. Batu asah
yang kita butuhkan ada 2 macam yaitu batu asah dengan  permukaan kasar dan halus, biasanya yang bertekstur halus berwarna ke hijau ke abua-abuan. Jangan lupa basahi batu asah dengan air atau sabun untuk melumasi permukaan batu, jangan gunakan minyak pelumas karena dapat menutupi pori-pori batu asah.
Tata cara mengasah pisau.:
1. Tetapkan sudut kemiringan pisau yang akan kita asah di atas batu asah, sudut yang tepat untuk mengasah adalah 10-20 derajat.
2. Pertahankan sudut pisau diatas batu asah dan mulai  dari sisi kanan . dengan gerakan ke depan saja mengasahnya (tidak bolak balik).
3. Balikan pisau kemudian lakukan asahan pada sisi sebaliknya. agar kita mendapatkan keseimbangan
ketajaman pada ke dua sisi bilah pisau.
4. Ulangi langkah 2 dan 3 bila perlu.

Cara Khusus  untuk pisau belati, atau clurit  jangan gunakan batu kasar asahan  sebab merusak bahan yang mau diasah cari baru asahan yang batu asli bukan cetakan pabrik ........bentuknya padat dan warna abu abu ...banyak dipasar tradisional. pergunakan gemuk/grees atau olie untuk mendapatkan ketajaman max  ...test dengan rambut, atau kertas cara asah sama dengan cara umum hanya beda batu asahanya. barunya lain  ataupun boleh pake ampals 1500 yang halus ............ wah silahkan coba  hasilnya mantaf ....harus sabar

4 komentar: